ucy

UNIVERSITAS COKROAMINOTO YOGYAKARTA

FAKULTAS HUKUM


Telp Kami 0274-372274 (Hunting), Fax. 0274-434064

Fakultas Ekonomi Universitas Cokroaminoto Yoygayakarta Jajaki Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman

By: Admin | Diposkan pada: 22-04-2021

YOGYAKARTA - Kunjungan Tamu Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Sleman DIY ke Kampus Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, pada Selasa, 20 April 2021 dan bertempat di Ruang Sidang UCY.

Kegiatan ini dihadiri oleh Hanan Wihasto, SE, MM. selaku Dekan FE UCY dan Rinaldi, ST., MBA. selaku Kaprodi Manajemen, dari Pihak Tamu dihadiri oleh Hardo Kiswoyo (Sekda Kabupaten Sleman), Ery Widaryono (Dinas Pendidikan Pemkab Sleman), Hanggya Hari Untoro (Dinas Perekonomian Pemkab Sleman), Tulus Widodo (Konsultan / Direktur SBTC Consultant), dan Alfian Nur Sofyan (Konsultan).

Berlakunya undang-undang Otonomi Daerah memberi peluang yang lebih luas bagi pemerintah daerah untuk mengelola segala sumber daya yang ada di daerah. Kondisi ini memberikan peluang pemerintah daerah untuk memanfaatkan Perguruan Tinggi sebagai mitra strategis. Kerja sama dibangun antara pemerintah daerah dengan Perguruan Tinggi bisa terjalin dalam berbagai bentuk dan kepentingan. Sebagai contoh, jika Pemda berencana ingin mendirikan Unit Usaha/Bisnis seperti BPR Syariah, maka kampus dapat membantu memastikan kelayakan bisnisnya sehingga nantinya BPR Syariah yang sudah berdiri tersebut bisa eksis, tumbuh dan berkembang. Kerjasama bisa dikembangkan pula dalam bentuk bantuan pakar atau ahli dalam penelitian-penelitian lainnya yang sifatnya produktif dan  berkelanjutan.

Hanan Wihasto, SE, MM., Dekan Fakultas Ekononomi Universitas Cokroaminoto Yogyakarta mengatakan : “Sebagai Perguruan Tinggi Swasta terkemuka dan boleh dikatakan pula sebagai PTS yang cukup tua,  UCY memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu / kualitas sumber daya manusia  di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejumlah kabupaten dan kota telah dibantu Universitas Cokroaminoto yogyakarta melalui pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Serta berkontribusi memasok mahasiswa magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah-daerah, sekaligus bagi mahasiswa sendiri bisa menimba pengalaman dan menimba ilmu riil di lapangan. Untuk beberapa daerah, semisal kabupaten Bantul telah dilakukan kerjasama dimana telah diwujudkannya pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui Penandatanganan MOU beberapa tahun yang lalu. Penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh para dosen dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di tiap-tiap daerah yang telah dijadikan lokasi penelitian  dan pengabdian masyarakat tersebut. 

Lebih lanjut, Hanan Wihasto, SE., MM. mengatakan ; “Kini saatnya Kabupaten Sleman diharapkan bisa menjadi prioritas berikutnya dalam kerjasama ini. Fakultas Ekonomi UCY menawarkan kerjasama dalam bentuk peningkatan Sumber Daya Manusia melalui kerjasama pembukaan kelas karyawan, pelatihan-pelatihan dan bantuan mahasiswa dalam bentuk magang atau pun praktek kerja lapangan sekaligus berkontribusi dalam mengisi kelangkaan SDM yang terdidik. Kami harapkan kunjungan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman ke kampus UCY dapat terwujud kolaborasi dan kerjasama yang saling menguntungkan / win-win solution bagi kesejahteraan dan kemajuan bangsa”.

     Bapak Hardo Kiswoyo selaku Sekda Pemkab Sleman menyambut tawaran FE UCY, dan diharapkan dalam waktu yang tidak lama lagi, ada pertemuan-pertemuan berikutnya untuk mematangkan dan mewujudkan kerjasama tersebut.